Minggu, 13 November 2011

Indonesia 3 - 1 Thailand




ASSALAMUALAIKUM..


luar biasa ...mantap...hebat....josss...sip banget, beberapa deretan kata-kata yang mengikuti kemenangan Timnas u-23 atas thailand tadi malam di ajang penyisihan grup a cabang sepakbola sea games ke-26. kemenangan yang sudah dirindukan seluruh masyarakat indonesia dari berbagai lapisan masyarakat, ga tua ga muda..ga laki-laki ga perempuan bahkan bencong-bencong pun ikut bergembira.

pertanyaan pertama yang muncul " kenapa kegirangan banget..kan belum tentu juara" ...wah ini pertanyaan kayak gini biasanya muncul dari orang yang ga suka bola..atau orang yang suka bola tapi ga pernah ngikuti sepak terjang timnas indonesia. kalau orang yang ngikuti perjuangan timnas selama ini pasti sudah pada ngeh...gimana timnas kita teramat amat sangat sulit banget meraih kemenangan kalau lawan negara-negara sekelas thailand (untuk kelas asia tenggara...kalau tingkat asia atau dunia ga usah di ceritain deh...nangis nanti yang nulis). emang sih kemarin pada ajang aff cup 2011 yang diadakan di jakarta, timnas senior kita sempat mengalahkan thailand, tapi meskipun menang tetap aja dari segi permainan kita kalah jauh sama thailand (kata Bung Kus si komentator di tipi yang aku tonton...).

kalau menurut aku sebagai  juru kunci blog yang insyaallah keren ini ada beberapa faktor yang membuat timnas u-23 kita tampil sangat gemilang :

1. pemilihan pemain yang tepat


ini dia faktor utama yang membuat moncernya permainan timnas u-23, muka-muka yang mengisi skuad garuda muda rata-rata masih asing di mata para pencinta timnas di tanah air, muka-muka yang jarang banget menghiasi iklan-iklan di tipi nasional....tapi di balik itu semua ternyata tersimpan bakat yang... beuuuhhhh ruar biasa..!!!. coba lihat aja nama-nama yang dikenal paling okto, yongki dan kurnia meiga yang tampil cukup baik di ajang piala aff cup kemarin, selebihnya rata-rata pemain yang belum pernah bermain di level senior. yang lebih mantap lagi pencoretan beberapa pemain naturalisasi dan hanya meninggalkan seorang diego michel (sori kalau salah nulis michelnya ..lidah orang indonesia kayak aku agak susah kalau dsuruh ngeja nama-nama bule gitu). pelatih rahmad darmawan berani mencoret para bintang (iklan) seperti irfan bachdim dan kim kurniawan, nah untuk si kim ini kasihan banget ya..sudah jadi bintang iklan untuk sea games malah ga kepilih, harusnya iklannya tuh di buat setelah RD pilih pemain jadi si kim ga malu setiap ada iklan itu..hehehehe kasian banget....

2. faktor pelatih


ini nih salah satu keputusan pengurus PSSI yang tepat, atau lebih pasnya SATU-SATUNYA keputusan yang TEPAT, kalau keputusan yang lain blunder abis..!! terus pasti pada tanya " keputusan yang mana yang blunder..?" ini susah banget jawabnya..saking banyaknya keputusan yang aneh-aneh, pokoknya selain pemilihan om RD sebagai pelatih, keputusan PSSI tuh blunder (cara jawab orang ngeles yang ga ngerti-ngerti banget susahnya ngurus PSSI) si om RD ini emang t.o.p b.g.t mulai dari ketegasannya memilih pemain, bayangin aja pemain bintang (iklan) sekelas irfan bachdim aja dia coret mentah-mentah karena alasan indisipliner, padahal tuh pemain kan ganteng banget..pasti banyak cewek-cewek yang kecewa ga bisa liat si irfan lari-lari kejar bola (hiks hiks rasa solidaritasku pada kaum hawa muncul), sampai mencadangkan kapten tim yongki ari bowo, bukan berarti dik yongki mainnya jelek tapi lebih ke arah strategi. satu masukan buat pakdhe-pakdhe pengurus PSSI (pede banget kayak ada pakdhe-pakdhe pengurus PSSI yang mau baca blog ini aja) harusnya pelatih kepala timnas indonesia di berikan ke om RD ini. bukan berarti menir wim bukan pelatih yang bagus, tapi karena susah banget aku mau nulis namanya, bayangin aja namanya kalau di eja pakai bahasa indonesia tuh wim risberger..tapi kalau ditulis susah banget..makannya aku panggil menir wim aja, malu kalau salah tulis nama orang.

3. mutiara hitam

 Okto Maniani
 Titus Bonai
Patrich Wanggai












pace-pace papua memang ga diragukan lagi kemampuannya terutama di bidang sepak bola, dianugrahi bakat yang aduhai serta fisik yang prima rasanya ga bakalan ada habisnya menelurkan pemain-pemain berbakat. dulu waktu masih kuliah aku sempat mengenal banyak anak papua, pada waktu tingkat 2 barak-barak tempat tinggal kita di kelompok-kelompokkan, salah satu pengelompokannya yaitu berupa barak bola, barak inilah bermukim para pemain bola kampus kami....dan setengahnya diisi oleh anak-anak papua...!!!.
tapi sayangnya PSSI / pemerintah jarang banget mengangkat bakat-bakat emas para pace ini, setahu aku sih yang berhasil mengangkat emas papua ya freeport, gila tuh ya freeport emas diangkut, penduduk lokal di tinggalin begitu saja, apa sih susahnya naikin gaji pekerja lokal disana..toh juga emasnya dulu di tanah mereka, emasnya kan ga habis tujuh turunan, kalau dibagi sedikit kan ga masalah toh, orang untungnya aja dah ga kebayang (mau bayangin gimana orang megang emas aja belum pernah), aaakkhhh persetanlah freeport, aku heran ngapain aku bahas freeport ya ..? kan tadi awalnya bahas bola.
kembali ke bola... satu kalimat untuk mereka para mutiara hitam... " pace ko paling gagah sudah.."

wuiiihhhh .... perasaan lama-lama aku dah kayak Bung Kus aja nih kalau kebanyakan komentar, karena aku menghormati Bung Kus dan dari pada Bung Kus gulung tikar karena ulasannya kalah ma aku, lebih baik aku tutup aja deh.

sebagai juru kunci blog yang keren ini...aku ingatkan perjalanan masih panjang, tetap berpijak ke tanah dan selalu ingat diatas langit masih ada langit....

GARUDA DI DADAKU


WASSALAM...




no offense...just sharing..

4 komentar:

  1. Waalaikum salam.... Pertamaxx lagi Gan....!!!!

    BalasHapus
  2. Premium gan..
    Solar gan..
    Lengo pet gan..

    BalasHapus
  3. Sayangnya aku bukan pecinta bola... bukannya aku tidak suka olah raga. Tapi mungkin udah sifat dari sononya... aku tuh orangnya gak suka ngrebut-ngrebut punya orang lain... pertanyaannya: lho apa hubungannya dengan sepak bola..?? Ya juelas ada dong... kan kalo main bola pada ngrebut-ngrebut gitu dech... masak bola hanya satu direbut anak 22... kalo aku mending beli sendiri... bola juga gak mahal-mahal amat.. yang plastik juga murah... yang penting kan bola....

    BalasHapus
  4. Bola emang takdirnya drebutin, tp aku lebih seneng nyebut bola memiliki jiwa brbagi yg tinggi, sbagai contoh Cowok jg pny bola 2 biji..tp kadang2 yg make cm org 1, tp tetep aja ada cowok2 kreatif yg jiwa berbaginya tinggi banget, tuh bola yg cm 2 butirdibaguin ke banyak org..bahkan ada yg ga pandang bulu mau cowok ato cewek kbagian smua...betul2 luar biasa..

    BalasHapus