Minggu, 23 Oktober 2011

mudik...

The beginning...
ya...tentu mudik merupakan suatu hal yang sangat suasah kita terima dengan akal sehat (terutama untuk orang-orang yang sejak kecil hidup di kampung halaman atau hidup berdekatan dengan sanak saudara).. bagaimana seseorang atau bahkan sekeluarga rela menempuh jarak beratus-ratus kilometer...bahkan hingga berhari-hari perjalanan hanya untuk bertemu dengan orang tua dan sanak saudaranya..

tapi bagi orang yang berjauhan dengan sanak saudara bahkan orangtuanya... mudik merupakan suatu agenda wajib..(terlepas dari tujuan dari mudik itu sendiri yang tentunya hanya masing-masing pribadi pemudiklah yang tahu)... mudik menghadirkan kerinduan bagi para pemudik itu.

nah.. pada kesempatan ini sekaligus belajar nge-blog..saya akan posting beberapa foto yang menyertai mudik saya bersama seluruh keluarga pada Lebaran Tahun 2011 kemarin..
start dari Sukoharjo , Jawa Tengah menuju Kuta, Bali.... hehehehehe mungkin sebagian orang bilang kita berlibur tapi saya lebih memilih kata "mudik" soalnya tujuan utama ya silahturahmi dengan ibu dan kakak-kakak saya..

berangkat dari Sukoharjo pukul 12.00 WIB...
suasana persiapan keberangkatan... hanya satu kata yang dapat menggabarkan "CERIA" .. ya semua ceria termasuk anak-anak..(mereka tidak tahu kalau bakal terpenjara selama belasan jam di dalam mobil)

dari Sukoharjo kami berangkat menuju ke Bojonegoro, Jawa Timur...
karena saya sopir amatiran tentu saja membutuhkan serep untuk menggantikan menyupir..terutama jarak yang ditempuh sangat jauh..beruntung kakak saya yang no.3 bertempat tinggal di bojonegoro..jadi perjalanan yang seharusnya langsung membelah Jawa Timur kita alihkan ke arah utara untuk menjemput tenaga cadangan..

Bojonegoro - Ketapang.
tiba di bojonegoro bertepatan dengan adzan magrib berkumandang...setelah istirahat selama beberapa jam..tepat pukul 21.00 WIB setelah shalat tarawih kami melanjutkan perjalanan etape 1 menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi...
perkiraan awal perjalanan akan berjalan lambat merayap karena jalanan tentunya dijejali oleh para pemudik..baik itu motor maupun mobil..... tapi ternyata jalanan relatif sepi bahkan saya bisa memacu mobil hingga lebih dari 100km
Jam menunjukkan pukul 03.00 WIB ketika kami berhenti sebentar untuk sahur di Situbondo... bertempat di emper toko di pusat kota situbondo

menu utama: masakan padang....bahkan si kecil pun ikut terbangun dan sahur..diterpa angin malam yang dingin membuat acara sahur menjadi lebih nikmat dan lahap..(dasarnya sih emang lahap terus kalau makan)

setelah sahur dan shalat subuh perjalanan dilanjutkan..
tiba di Pelabuhan Ketapang sekitar pukul 05.00 WIB....ternyata antrian sudah mengular..!!! padahal perkiraan kami..perjalanan mudik ini melawan arus..karena para mudikers-mudikers banyak yang menuju pulau jawa dari pada menuju pulau bali..tapi ternyata banyak juga para pelancong (bukan mudikers) yang memanfaatkan momen cuti bersama untuk berlibur ke bali... jadi yah..antri selama 4 jam harus kami lalui sebelum bisa menyetuh kapal feri..
 si kecil sarapan ke-2...padahal tadi sudah ikut sahur di emper toko

antrian panjang banget.. kayak di neraka aja hehehe..
timor kenangan (sekarang sudah dijual) hiks..hiks..

mengisi waktu...
setelah 4 jam mengantri...akhirnya saudara-saudara kami dapat memasuki kapal feri.....
ombak selat bali yang pada saat itu lumayan besar membuat kami terkatung-katung di lautan selama 2 jam lebih...padahal biasanya jarak Ketapang-Gilimanuk ditempuh dengan waktu 1 jam..

si besar digendong pakpuh... ombak besar tetap pisss man...!!

keep "ngeces" 4ever..khikhikhi..

sekitar pukul 12.00 WITA akhirnya kita berhasil menjejakkan kaki di pulau Bali...
huuuffftttt.....dengan ini kami nyatakan etape 1 telah finish hehehehe...