Jumat, 11 November 2011

11-11-11

 ASSALAMUALAIKUM..

hmmm.... 11-11-11 sebuah deretan angka yang unik, memiliki makna, dan banyak banget yang berusaha menggunakannya sebagai hari yang layak untuk dikenang. mulai untuk melangsungkan pernikahan hingga menentukan kelahiran bayi (yang melalui operasi tentunya).


bagi aku makna 11-11-11 membuat hati galau....bukan karena mau menikah di hari itu atau mau melahirkan di hari itu, tapi pada 11-11-11 nun jauh disana di kaki gunung manglayang sebagian dari saudara-saudaraku berkumpul melepas kangen setelah lebih dari 8 tahun berpisah, dah kebayang kan gimana serunya disana?yang lebih menyiksa lagi..setiap saat mereka update status yang buat hati ini makin huaaaaaa hiks hiks hiks (pengen aku matiin deh paket unlimited dihapeku biar ga tiap saat ngeliat status-status mereka)

pasti banyak yang tanya "kok ga berangkat aja..?"....
jawabanya cuma satu: "KALAU BISA PASTI DAH BERANGKAT ...DUL...!!!!"
terus pasti pertanyaanya beralih ke "lha alasannya ga berangkat kenapa...?"
jawabanku bakalan klise banget kayak jawaban orang yang mewakili atasannya di suatu rapat/pertemuan "KARENA ADA KEPENTINGAN YANG TIDAK DAPAT DITINGGALKAN" atau "KARENA ADA SATU DAN LAIN HAL SEHINGGA TIDAK DAPAT HADIR"... ckckck aneh ya orang yang pengen banget berangkat tapi jawabannya kayak gitu....tapi ya terserah yang jawab dong mau jawab apa kok situ yang sewot..!!

wuihhh...pasti banyak juga yang bertanya kok sampai segitunya kangenya..
yah untuk yang ini susah banget jawabnya..apalagi yang tanya orang yang ga pernah hidup di kaki gunung manglayang itu.
tapi aku bakalan cerita sedikit kenapa lembah gunung manglayang begitu bermakna (terutama bagi makhluk-makhluk yang pernah merasakan hidup disana). tapi sebelum cerita tentunya masih banyak yang bingung gunung manglayang tuh dimana sih....kalau koordinat pastinya aku ga tau pasti, tapi kalau ancer-ancernya (ancer-ancernya tuh bahasa indonesianya apa ya..? ) gunung manglayang tuh terletak di Kabupaten Sumedang Jawa Barat Indonesia...nah di kaki gunung sebelah selatan terdapat daerah yang bernama Jatinangor..nah di Jatinangor itu ada sebuah kampus yang bernama STPDN (sekarang IPDN)....nah sekarang pasti dah banyak yang kebayang tuh tempat, dan pasti yang terbayang langsung kekerasan senior ke juniornya..tendang-tendangan...pukul-pukulan...bahkan pembunuhan (GILA APA...EMANG DISANA APAAN KOK PADA MIKIR KAYAK GITU..!!!TERSERAH DEH PADA MAU MIKIR/BAYANGIN APA..YANG PASTI KEADAAN SESUNGGUHNYA GA KAYAK GITU..)

pasti banyak yang tanya lagi "kok sekolah kayak gitu di kangenin..? mahasiswa yang lain yang sama-sama pernah kuliah juga ga gitu2 amat.." yah kalau pertanyaan kayak gini ini aku juga agak susah jawabnya  apalagi nulisnya..karena perasaan ini hadir dari hati yang paling dalam (wuih ngeles..pada dasarnya sih emang oon ga bisa nulis).. tapi yang pasti bukan karena setelah sekolah disitu terus bakalan jadi pejabat di pemerintahan...bukan sama sekali bukan .. sekali lagi bukan...jadi pejabat tuh bonus...intinya tuh perasaan persaudaraan...suasana kekeluargaan..kompak banget...pokoknya aku ngerasa benar-benar jadi orang indonesia yang lepas dari segala problema kesukuan..ego kedaerahan, pokoknya lepas dari segala sesuatu yang membuat indonesia ini jadi susah bersatu..
terus yang buat lebih kangen lagi ya kehidupanya..segala rutinitasnya....teman-teman satu angkatan yang lebih menjadi saudara di kala susah dan senang...pokoknya segalanya dah..(makannya sekarang aku simpan satu produk jebolan STPDN XI di rumah...hahahay..)

kembali lagi ke 11-11-11, pertanyaan selanjutnya yang muncul pasti "kok pilih tanggal ini untuk reunian? apa mau ikut-ikutan kayak ustad solmed yang nikah tanggal 11-11-11"... oooohh tentu tidak sodara, kita pilih tanggal ini karena kita anak yang ke-11 yang lahir dari rahim STPDN, pas banget kan kalau angkatan 11 reunian tanggal 11-11-11? ajib dah!

copas dari status FB salah seorang saudari kami " setelah 8 tahun..akhirnya bisa shalat lg di masjid darul ma'arif...alhamdulillah yaa.." wuihhhh tuh masjid emang ajib banget dah...sudah ga terhitung berapa banyak muda praja yang berdoa sampai menangis meneteskan air mata disana, terutama saat KTA berada ditangan senior... tapi yang lebih luar biasa lagi sudah ga kehitung berapa banyak muda praja yang tertidur saat mendengarkan ceramah, padahal yang ceramah saat itu aa' Gym, bayangin aja aa' Gym yang pada waktu itu malang melintang di dunia pertelevisian, aa' Gym yang saat itu (hanya) beristrikan teh nini, ditinggal tidur oleh muda praja...ckckckck.
muda...muda...indah untuk dikenang pahit untuk dijalani, setelah terlewati hanya menjadi bahan tertawaan, dan aku yakin seyakin yakinnya, saudara-saudaraku yang ikut reuni pasti menghabiskan waktunya di jatinangor sambil mengorek-ngorek aib waktu muda praja..mantab dah, lucu abis!!

copas dari ststus FB salah seorang saudara kami "setelah 8 tahun gak tidur di barak...jam segini belum bisa tidur juga"  ini nih status yang paling bikin aku ga bisa tidur karena saking kangennya, soalnya selama 4 tahun di STPDN ada 2 tempat terfavoritku :
1. barak
2. menza
setiap ada pesiar atau IB (baik IB gelap atau IB terang) rata-rata semua praja normal pergi ke luar untuk refresing, tapi aku tetap setia pada barak. saat semua praja hapal jalan ke dago, ITC, BSM, STM... aku cukup puas hanya dengan hapal petak A, petak B, petak C, petak D dan petak E.
waktu nindya praja setiap jam makan atau pada saat pesiar, agak sedikit susah menemukan makhluk berbintang dua di menza, tapi aku tetap setia pada menu menza. salah satu penyesalanku setelah lulus adalah tidak kenal salah seorangpun chef yang memasak untuk kami..

copas lagi dari status FB salah seorang saudara kami "wejangan pak indrarto, bikin merinding.." pak indrarto...atau cukup disingkat pak in, beliau ini salah satu legenda di STPDN (selain teh lilis dan aa' bala-bala) malaikat pelindung bagi junior...malaikat pencabut nyawa bagi senior, satu-satunya dosen killer yang dipatuhi mahasiswanya...satu-satunya pengasuh ganas yang dihormati oleh praja...satu-satunya orang tua galak yang dicintai anaknya. pasti muncul pertanyaan lagi "kalau orangnya galak, ganas, killer kok bisa-bisanya praja pada hormat..?" ya kita memang benar-benar hormat pada beliau, bukan karena takut, tapi hormat sebenar-benarnya hormat, dan setelah lulus rasa hormat itu berubah menjadi rasa sayang seorang anak ke orangtuanya.... ckckck alasanya cuma satu BELIAU ORANG YANG BENAR-BENAR LURUS, (inu kencana mah lewat!!!) zaman sekarang susah nyari orang yang bener-bener lurus..lurus dalam artian taat peraturan baik itu dimulut maupun ditindakannya.....bukan lurus dalam artian yang "lain", kalau lurus yang itu mak erot ahlinya bukan pak in.

sudah ah semakin lama aku nulis semakin ga jelas aja tujuannya kemana...semakin pusing aja yang baca (pede banget..kayak ada yang mau baca blog ini selain aku wakakakak..)

buat temen-temen yang berkesempatan hadir di acara reuni akbar angkatan 11 selamat bereuni, semoga setelah bertemu dengan saudara-saudaranya akan semakin menambah semangat dalam bekerja.. salam untuk semua yang hadir.....            "BHINEKA NARA EKA BHAKTI"

sebagai penutup aku copas salah satu kalimat dari lembar Laporan Akhir -ku (kalau S1 skripsi) yang selalu membuat ibuku meneteskan air mata terharu setiap kali membacanya (soalnya jarang-jarang aku bikin bangga orang tua wekekekek)

" Ku persembahkan karya yang amat sangat sederhana ini kepada:
Bapak yang tidak pernah sempat menyaksikan keberhasilanku..
Ibu bahwasanya doamu adalah restu bagiku..
kakak-kakak dan adikku atas segala dukungan selama ini..
dan untuk almamaterku STPDN yang telah menjadi tempat pencarian jati diriku.."


WASSALAM...






(shutdown laptop, buka pintu kamar, pasang tampang memelas) " bun temen-temen pada reunian lho....kita reunian sendiri nyok..? " (huhuuyyy....xixixixixiiii)

2 komentar: